09/22/2019
    1246 KALI DIBACA

    Jajaran Polres Tanggamus Olah TKP Rumah Warga Pekon Korban Kebakaran

    Jajaran Polres Tanggamus Olah TKP Rumah Warga Pekon Korban Kebakaran

    TANGGAMUS — Polsek Talang Padang, Polres Tanggamus melakukan olah TKP rumah Pramono, warga Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting yang terbakar.

    Menurut Kapolsek Talang Padang Inspektur Satu Khairul Yassin Ariga, kebakaran terjadi pada Jumat, 3 Mei 2019 sekira pukul 14.00 WIB di Blok 26, Pekon Gisting Permai, Kecamatan Gisting.

    “Pada saat terjadi kebakaran pemilik rumah tidak berada di rumah, rumah dalam keadaan kosong, sehingga tidak ada korban jiwa,” ujar Inspektur Satu Khairul Yassin Ariga, mewakili Kapolres AKBP Hesmu Baroto.

    Ia menambahkan, kondisi rumah dan harta benda di dalamnya habis terbakar sehingga dan kerugian ditaksir kurang lebih Rp 60 juta rupiah. Kondisi rumah berupa bangunan semi permanen terbuat dari papan.

    Barang yang ada di dalam rumah berupa kursi, tempat tidur dan perabotan dapur, dan barang lainnya yang belum terdata. Lalu surat-surat penting seperti Kartu Keluarga, surat nikah, akte kelahiran tiga anak Korban, ijazah SD dan ijazah SMP milik Erika Novianti.

    Atas kejadian ini polisi memeriksa para saksi terdiri Arif Sobirin, dan Said Jaini, warga setempat yang merupakan tetangga korban.

    “Dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik. Api dapat dipadamkan oleh warga yang juga membantu membersikan bangunan akibat kebakaran tersebut,” kata Inspektur Satu Khairul Yassin Ariga.

    Sementara itu menurut Camat Gisting, Purwanti, rumah itu ditinggali Pramono (43), bersama Sugianti (42), Erika Novianti (21), Zahra Nurrafifah (12) dan
    M.Zayyan (8).

    “Saat kejadian yang punya rumah sedang keluar ada acara pengajian keluarga,” kata Purwanti.

    Ia mengaku saat kejadian angin bertiup kencang membuat api cepat berkobar, warga sekitar berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil, rumah berbahan itu pun habis terbakar.

    Purwanti mengaku dari pemerintah kecamatan sudah mendatangi korban dan sudah memberikan bantuan. Lalu Dinas Sosial juga sudah ke lokasi memberikan bantuan.

    Sementara, Kabid Perlindungan Masyarakat, Satpol PP, Jon Awaludin mewakili Kasatpol PP Tanggamus Yumin BA, mengaku jika pihaknya tidak menerima laporan dari peristiwa kebakaran tersebut.

    “Saya sudah cek, tidak ada yang melapor ada kebakaran ke Pos Damkar Talang Ladang, padahal kami standbay 24 jam,” ujar Jon. (nn)

    banner 468x60