Home / Nasional / Hukum & Kriminal / Pelaku Peretas Akun Facebook Ajudan Presiden RI Berhasil Ditangkap Unit Siber Direskrimsus Polda Kalsel

Pelaku Peretas Akun Facebook Ajudan Presiden RI Berhasil Ditangkap Unit Siber Direskrimsus Polda Kalsel

KALIMANTAN SELATAN – Polda Kalsel, Unit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan, meringkus pelaku yang diduga menjadi peretas akun media sosial Facebook milik ajudan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

“Seorang laki-laki berinisial A berhasil kami ringkus di daerah Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol. Rizal Irawan di Banjarmasin, Senin (08/10/2018).

Menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel, pelaku telah meretas akun Facebook milik Kombes Pol Johnny Isir untuk melakukan penipuan.

Kombes Pol. Rizal menjelaskan, hal ini diketahui setelah akun Facebook milik ajudan Presiden RI tersebut memposting pemberitahuan.

Pemberitahuan itu berisi nomor handphone yang mengatasnamakan dirinya untuk berkomunikasi dengan orang lain dan melakukan kejahatan adalah bukan miliknya.

Atas kejadian itu, Ia mengingatkan pengguna media sosial untuk selalu waspada terhadap kejahatan-kejahatan yang bisa terjadi, terutama di dunia maya.

“Tindak pidana di dunia maya kini cukup marak dengan berbagai modus operandi. Untuk itu pengguna media sosial harus lebih waspada dan juga bijak dalam menggunakannya agar tak melanggar hukum,” tegas Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel.

Tim dari Unit Siber yang dipimpin Kasubdit II Perbankan Pencucian Uang dan Kejahatan Dunia Maya (PPUKDM) Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Zaenal Arifien pun bergerak cepat melakukan penyelidikan hingga pelaku peretas akun Facebook berhasil diamankan.(hy)

 

About Junaidi Ismail

Check Also

Tepatkah DOORSTOP INTERVIEW Terhadap Saksi dan atau Para Tersangka yang ter-OTT KPK usai diperiksa KPK

SEKALIPUN dalam hal Keterbukaan Informasi dan Kebebasan Pers yang sedemikian kuat telah terbangun. Dirasakan perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.