Home / Berita Utama / Kaum Perempuan Perlu Tahu, MoU Percepatan PUG se-Lampung Sah Diteken

Kaum Perempuan Perlu Tahu, MoU Percepatan PUG se-Lampung Sah Diteken

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta seluruh jajaran, termasuk Pemerintah Daerah dan stakeholder memberikan peluang lebih luas bagi perempuan untuk berkiprah dalam pembangunan daerah.

Pesan Gubernur itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama (MoU) Pelaksanaan dan Implementasi Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG) bersama seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten/Kota, di Ruang Abung Balai Keratun, Senin (25/11/2019).

Fahrizal meminta semua pihak bekerja keras agar perempuan lebih berdaya dan lebih berimbang dengan laki – laki.
“Itu artinya kaum perempuan harus diberikan peluang yang lebih luas untuk berkiprah dalam pembangunan dan semakin berdaya. Semoga perempuan di Provinsi Lampung dan di Seluruh Indonesia semakin berdaya dan semakin baik sehingga itu salah satu pilar dalam Pembangunan Nasional,” ujar Fahrizal.

Menurut Fahrizal, MoU ini selaras dengan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) yang terus berupaya melakukan percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Fahrizal juga mengajak semua pihak menyatukan komitmen, koordinasi dan sinegritas dalam PUG dengan kerja cepat, kerja keras, dan kerja produktif. Hal itu dilakukan dengan mengubah cara bergerak dan mindset yang menggunakan pola-pola baru sehingga berbagai tugas pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan pada saatnya nanti masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung sebagai strategi guna memastikan semua kelompok masyarakat baik laki-laki, perempuan, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya agar dapat terlibat dalam proses dan merasakan hasil pembangunan,” kata Sekdaprov Fahrizal.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Muhammad Ihsan. Dia menyampaikan bahwa pihaknya perlu melakuakan fasilitas dan pendampingan pelaksanaan PUG di daerah.

Ihsan menilai untuk melihat atau mengukur kualitas kesejahteraan suatu bangsa dapat dilihat dari aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Dari aspek kesehatan meliputi umur dan harapan hidup, aspek pendidikan meliputi harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, dan aspek ekonomi meliputi pengeluaran perkapita yang disesuaikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Theresia Sormin mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menetapkan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) terhadap kebutuhan.

Selain itu, untuk memberikan manfaat bagi perempuan dan laki-laki termasuk dalam menyusun strategi dalam isu-isu keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan di Lampung. (Red/Humas Prov Lampung)

About Redaksimediafaktanews

Check Also

Mantap! Guru SDN 3 Bandar Agung Nekad Terobos Banjir untuk Sampai ke Sekolahan

LAMPUNG UTARA – Hujan Deras yang terjadi di Kabupaten Lampung Utara mengakibatkan akses perbatasan Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.