09/22/2019
    1846 KALI DIBACA

    Ketua RT Cerita Pilu, Plt Bupati Lamsel Copot Sepatu

    Ketua RT Cerita Pilu, Plt Bupati Lamsel Copot Sepatu

    LAMPUNG SELATAN — Hendra (46), salah satu Ketua RT di Desa Sumbersari, Kecamatan Sragi ini mengaku terharu dan bahagia karena mendapat hadiah sepatu yang sedang dipakai oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

    Sepatu itu diterima Hendra ketika dirinya sedang melakukan dialog dengan Plt Bupati Lampung Selatan disela acara silaturahmi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan masyarakat Kecamatan Sragi di Lapangan Komplek Warung Desa Sumbersari, Rabu (27/2/2019) malam.

    Tindakan Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dengan memberikan sepatu yang sedang dipakainya kepada salah seorang warga, mendapat apresiasi dari ratusan masyarakat yang hadir.

    Pantauan tim ini, awal mula Nanang Ermanto memberikan salah satu sepatu kesayangan itu, karena merasa iba kepada Hendra, yang merupakan Ketua RT di desa setempat.

    Dalam dialog langsung dengan Hendra, diketahui Nanang bahwa Hendra diajak oleh Kepala Desa dan Kadus setempat untuk mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan hingga silaturahmi dan ramah tamah dengan Plt Bupati Lampung Selatan.

    Hendra pun sempat menceritakan, dirinya diminta untuk datang dengan menggunakan sepatu yang sedikit lebih bagus. Namun, karena tidak memiliki sepatu yang bagus, dirinya pun terpaksa membeli sepatu baru, dengan cara mengutang karena sedang tidak memiliki uang.

    Mendengar cerita pilu itu, Nanang Ermanto pun langsung merasa iba. Sehingga, mantan Kepala Desa Way Galih dua periode itu sempat mempertanyakan ukuran kaki Hendra.

    “Berapa nomor sepatu Pak RT,” kata Nanang.

    Hendra pun langsung menjawab, bila ukuran kakinya 40.

    Mendengar jawaban itu, Nanang pun secara spontan langsung mencopot sepatunya, dan untuk selanjutnya diberikan kepada Hendra.

    “Ini saya berikan ke bapak, tapi sepatu saya ini ukurannya 41,” tutur Nanang sambil menyodorkan sepatu bermerk ternama itu.

    Melihat Plt Bupati menyerahkan sepatunya itu, Hendra pun sontak kaget dan terharu. Seakan tak percaya, dia pun langsung mendekati Plt Bupati.

    “Beneran untuk saya pak bupati, terima kasih banyak ya pak,” ucap Hendra sumringah.

    Percakapan Nanang Ermanto dengan masyarakat yang berakhir pada pemberian salah satu sepatu kesayangan sang bupati untuk masyarakat itu, sedikit menggambarkan bila, acara silaturahmi dengan masyarakat dapat langsung menyerap keluhan dan masukan secara langsung.

    “Inilah tujuannya kami buat kegiatan silaturahmi, kami ingin  tahu apa keluhan masyarakat dan apa yang diinginkan oleh masyarakat,” ujar Nanang.

    Seusai menyerahkan sepatu itu, Nanang kembali membuka percakapan dengan Hendra.

    “Silahkan pak RT, apa yang mau disampaikan,” tanya Nanang membuka diskusi dengan warganya.

    Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu, Hendra pun menyampaikan keluhannya. Dia meminta kepada orang nomor satu di Kabupaten Gerbang Sumatera itu agar, menaikkan insentif untuk RT, mengingat tugas seorang RT yang cukup berat sebagai ujung tombak pemerintahan terbawah.

    “Begini pak, yang lainkan (aparatur desa) penghasilannya dinaikkan, jadi kami harap, insentif RT juga sama, bisa naik,” ungkap Hendra.

    Merespon hal itu, Nanang pun berjanji akan menambah kesejahteraan ketua RT dalam anggaran perubahan mendatang.

    “Tapi dengan syarat, ketua RT juga harus bisa membantu meningkatkan penerimaan PBB, kalau PBB baik, kan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga, termasuk ketua RT,” kata Nanang. (Red/Pemkab Lamsel)

    banner 468x60