09/17/2019
    1186 KALI DIBACA

    Koordinasi BPJS Kesehatan, Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan FKRTL Terkait INSIDEN

    Koordinasi BPJS Kesehatan, Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan FKRTL Terkait INSIDEN

     

    PALEMBANG – Dalam rangka memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan bersama PT Jasa Raharja (Persero) mengembangkan INSIDEN (Integrated System For Traffic Accidents). Hal tersebut dilakuakan karena BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat khususnya pada layanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

    Terkait INSIDEN tersebut BPJS Kesehatan Cabang Palembang melakukan koordinasi Kegiatan sanding data dan pemantapan aplikasi INSIDEN bersama PT. Jasa Raharja (Persero), Korlantas Polri, Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, PERSI Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Palembang Rabu, 10 Juli 2019.

    Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan Dicky Permana Putra mengemukan bahwa mengemukanan bahwa proses koordinasi manfaat kini menjadi lebih mudah, cepat, tepat dan akurat dalam rangka perwujudan percepatan reformasi birokrasi penjaminan terhadap korban Kecelakaan Lalu Lintas (KLL). Pada prinsipnya, INSIDEN merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara web based sehingga dapat diakses dengan mudah oleh FKRTL yang memiliki koneksi jaringan internet, ujarnya.
    Untuk mengurangi dampak kecacatan dan kematian terhadap korban KLL, pelayanan kesehatan tidak boleh ditunda akibat adanya kendala biaya atau penjaminan terhadap korban. Sesuai dengan amanah Undang – Undang, penjaminan korban KLL di Indonesia dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja (Persero) sebagai penjamin pertama dan BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua.

    Lebih lanjut Dicky menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi terkait definisi KLL, alur pelaynana KLL dan implementasi INSIDEN di Rumah Sakit. INSIDEN juga masuk dalam 99 top inovasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, ujarnya.

    Tenti perwakilan Rumah Sakit Bunda Palembang menyambut baik kegiatan ini sekaligus utk berkordinasi langsung dan rekonsiliasi data klaim di RS untuk pasien kecelakaan lalu lintas.

    Adhen Noviandaru, selaku perwakilan PT. Jasa Raharja Sumatera Selatan menyampaikan bahwa Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam INSIDEN ini adalah kategori kecelakaan lalu lintas, Pengentrian secara real time data korban laka lantas, Kesesuaian data korban laka lantas, Memastikan data korban terkirim, dan Edukasi kepada keluarga korban apabila belum melaporkan kasus laka lantas ke Pihak Kepolisian. Jasa Raharja akan menyelesaikan biaya perawatan rs dan menginformasikan nominal biaya ke BPJS Kesehatan melalui nomor sep yang dientry pada proses keabsahan berkas, katanya.
    Kegiatan koordinasi seperti ini akan dilakukan secra berkala untuk mempererat koordinasi antar instansi dalam pelayanan kesehtaan kepada masyrakat, tutup Dicky.(Ad)

    banner 468x60