Selasa , Maret 2 2021
Home / Uncategorized / Bantu Beban Masyarakat Akibat Pandemi, Dari Pelayanan Satu Pintu Ke Pelayanan “Jemput Bola”

Bantu Beban Masyarakat Akibat Pandemi, Dari Pelayanan Satu Pintu Ke Pelayanan “Jemput Bola”

Oleh: Emrus Sihombing*

AKIBAT pandemi, negeri ini menghadapi multi dan dimensi persoalan. Untuk dapat membatu dan atau meringankan beban masyarakat, saya mengusulkan kepada Bapak Prediden agar semua kementerian, lembaga, dan dinas-dinas Pemda agar melakukan perubahan paradigma dan tindakan dari pelayanan satu pintu, menjadi pelayanan “jemput bola”.

Jika ini dilakukan dipastikan dapat membantu masyarakat mengatasi berbagai persoalan sebagai dampak pandemi. Salah satunya, sudah tidak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan dan atau penghasilan sebagai dampak pandemi.

Dengan kemajuan teknologi komunikasi di semua bidang, pengoperasian birokrasi di kantor cukup 40 % dari total PNS. Yang lain, 60 % ditugaskan “jemput bola” pelayanan publik ke tengah masyarakat. Ini sekaligus bukti empati aparat birokrasi kepada masyarakat.

Bisakah ini terjadi? Pasti bisa, jika pimpinan instansi di semua bidang dan tingkatan memiliki kemauan dan tugas pelayan publik sebagai calling.

Untuk itu, diperlukan komunikasi pelayanan ketulusan. Kita harus move on dari pelayanan prima yang cenderung berdasarkan rasionalitas, pencitraan dan kepalsuan ke pelayanan ketulusan (pakai hati).(*)

*Komunikolog Indonesia

Mediafaktanews

About Redaksimediafaktanews

Check Also

Ketua Umum PII Ambil Sumpah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Manjadi Insinyur Kehutanan IPB

Bogor- 27/2/2021- Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto memimpin pengambilan sumpah profesi Insinyur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.