Kamis , Januari 27 2022
Home / Berita Utama / Dinas P&K Tubaba Gelar Bimtek Program Kesiapan Bersekolah Paud-SD

Dinas P&K Tubaba Gelar Bimtek Program Kesiapan Bersekolah Paud-SD

TULANGBAWANG BARAT, (FN) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar (Paud-SD), Jum’at (15/10/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Wisma Griya Asri Tirta Kencana dan ikuti oleh 30 orang anggota dari, Forum komunikasi Paud-SD, Wali murid Paud, Wali murid SD, Kepala lembaga Paud, Kepala Sekolah Dasar, Penilik Paud dan Pengawas SD yang dilaksanakan 15-16 Oktober 2021.

Pada kesempatan yang sama, Bunda Paud Kabupaten Tubaba Hj. Kornelia Umar membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar (Paud-SD).

“Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, keberadaan pendidikan anak usia dini menjadi sangatlah penting, mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku manusia terbentuk pada rentang usia 0 hingga 6 tahun. Sedemikian pentingnya masa ini, sehingga sering disebut “the Golden age’ atau usia emas,” ungkap Bunda Paud Kabupaten Tubaba Kornelia Umar.

Bunda Paud juga menambahkan, bahwa anak-anak adalah calon penerus generasi bangsa, yang harus dipersiapkan agar memiliki kecerdasan dan moral yang baik.

“Mereka kelak menerima tongkat estafet kepemimpinan, dan menjadi pelaku pembangunan dimasa yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu, Budiman Jaya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tubaba menjelaskan, bahwa program kesiapan bersekolah adalah program peningkatan layanan satu tahun pra sekolah, serta juga penguatan kemitraan antara PAUD dengan SD sehingga terjadi keselarasan pembelajaran bagi anak usia dini (0-8 tahun) pada PAUD dan SD.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesamaan visi tentang kesiapan bersekolah untuk mendukung transisi PAUD ke SD, dalam rangka mendorong capaian Renstra penyelenggaraan layanan holistik integratif, dan memastikan peningkatan akses diiringi dengan kualitas, melalui penguatan ekosistem,” jelasnya.

Hal tersebut juga tercantum Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 8 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN melalui Bidang PAUD dan DIKMAS merupakan institusi yang memiliki kewenangan dalam mengelola PAUD dan Pendidikan Dasar.

“Kesiapan peserta didik anak usia dini untuk masuk ke jenjang sekolah dasar perlu diupayakan semaksimal mungkin. Saya berharap kepada peserta untuk dapat mengikuti, dan menyimak dengan sebaik-baiknya, agar dapat memberikan pemahaman kepada orang tua dan pemangku kepentingan lainya,” pungkasnya. (Surmadi)

Mediafaktanews
Baca Artikel Menarik di LV

About Redaksi

Check Also

Offended by Juarno’s Statement, 5 Descendants of Bandardewa’s Community Cut Down Rubber Trees Outside PT HIM’s HGU

TULANGBAWANG BARAT, (FN) – The Indigenous Peoples of 5 (five) descendants of Bandardewa, Tiyuh Bandardewa, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.