Rabu , April 21 2021
Home / Berita Utama / Optimalkan Konten Pariwisata, Disporapar Lambar Gandeng Blogger

Optimalkan Konten Pariwisata, Disporapar Lambar Gandeng Blogger

 

LIWA, (FN) – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat terus berupaya mengembangkan industri pariwisata Kabupaten Lampung Barat. Dengan bekerjasama dengan berbagai pihak di bidang informasi dan konten pariwisata.

Salah satunya dengan menggandeng blogger kelilinglampung.net ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama di Liwa, Senin (01/03/2021).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Kepala Dinas Pora Pariwisata Lampung Barat Tri Umaryani dan pendiri Blog Keliling Lampung Yopie Pangkey.Penandatanganan MoU disaksikan oleh Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah. Usai acara audiensi Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Kadisporapar Lampung Barat Tri Umaryani mengatakan, meskipun saat ini masih dalam masa pandemi bukan berarti kegiatan promosi juga berhenti.

“Kita harus terus mempromosikan berbagai daya tarik wisata di berbagai platform. Selain media sosial, penting memberikan informasi parwisata yang cukup di website resmi dinas pariwisata,” ujar Tri.

Tri lebih lanjut, mengatakan, gencar di media sosial bukan berarti sudah cukup sampai di situ. Karena informasi di media sosial seperti di instagram sering kali tidak selengkap informasi yang ditulis para blogger.

Ditambahkannya, banyak pengguna internet yang mencari informasi di mesin pencarian. Salah satuya Google.”Saya yakin di masa pandemi ini frekuensi orang berselancar di internet semakin tinggi. Mereka masih ragu untuk liburan keluar Lampung. Lalu mencari berbagai informasi destinasi wisata terdekat yang bisa dikunjungi selama masa pandemi.” imbuhnya.

“Saya pantau di Google Trends, ada saja yang mencari informasi wisata Lampung Barat setiap minggunya. Terlihat meningkat di pertengahan tahun dan di akhir tahun,” beber Tri.

Berdasarkan data tersebut, dirinya berinisiatif mengajak kerjasama blogger yang sudah sering bepergian keliling Lampung Barat. Dengan gaya penulisan yang dimiliki blogger akan membuat artikel-artikel parwisata milik Pemkab lebih renyah.

Hal inilah yang akan dilakukan pemilik blog kelilinglampung.net. Menyediakan artikel untuk website resmi Pariwisata Lampung Barat.Tri berharap, artikel-artikel tersebut akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google di kemudian hari.

“Alhamdulillah hari ini berbarengan dengan acara audiensi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dengan Pemkab Lampung Barat. Karena banyak potensi wisata kita ada di wilayah kerjanya Dinas Kehutanan. Kita bersama bisa satu bahasa dalam mengangkat berbagai potensi tersebut.” Pungkas Tri Umaryani.

Sementara itu pemilik blog https://kelilinglampung.net/ Yopie Pangkey mengaku sangat senang bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata.

“Ini merupakan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Dinas Pora Pariwisata Lambar mendapatkan konten dan blog saya juga semakin terangkat dan terlihat.”

Ditambahkannya, akun instagram @kelilinglampung_ dan blog https://kelilinglampung.net/ sudah banyak mendapat keuntungan dari parwisata Lampung Barat. ‚ÄúSetiap hari ada saja kunjungan ke beberapa artikel terkait Lampung Barat di beberapa blog kelilinglampung.net,” ungkap Yopie.

Saat ini, lanjut Yopie, sudah sepantasnya dirinya untuk membantu website resmi Pariwisata Lampung Barat menyediakan konten-konten informatif bermanfaat agar lebih bisa terlihat di hasil pencarian mesin pencari Google.

Bertepatan dengan kunjungan kerjanya ke Lampung Barat, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah pun sangat mendukung kerjasama tersebut.

Menurut Yanyan, paradigma pembangunan kehutaan saat ini sangat kental dengan pemberdayaan masyarakat. Segala potensi perlu didorong untuk dimanfaatkan. Termasuk pembangunan wisata dalam kawasan hutan.

“Peran para pihak, sesuai dengan kapasitasnya perlu dibangun. Agar tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan dapat tercapai.” tandas Yanyan. (Crish)

Mediafaktanews

About Redaksi

Check Also

Jalin Silaturahmi di Bulan Ramadhan, Kwarda Pramuka Lampung Gelar Kuliah Ringkas Bertema “Ramadhan Berkah”

BANDARLAMPUNG,(FN)- Kwarda Gerakan Pramuka Lampung menggelar Kuliah Ringkas (Kulkas) dengan tema “Ramadhan Berkah” yang dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.