Kamis , Januari 27 2022
Home / Lampung / Tulang Bawang Barat / Pembangunan Fisik DD Tahap 2 Belum Dikerjakan, DD Tahap 3 Sudah Dicairkan

Pembangunan Fisik DD Tahap 2 Belum Dikerjakan, DD Tahap 3 Sudah Dicairkan

Tubaba (FN)- Ada apa dengan pembangunan fisik Dana Desa (DD) tahap 2 Tiyuh Gunung Katun Malai Kecamatan Tulang Udik (Tbu) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), yang sampai saat ini belum juga dikerjakan, Kamis (2/12/2021).

Berdasarkan informasi dilapangan, bahwa Anggaran Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2021 Tiyuh Gunung Katun Malai di realisasikan salah satunya untuk pembangunan fisik yakni, pembangunan WC dirumah warga sebanyak 20 unit.

Hal itu juga senada diungkapkan YJ selaku Pendamping Lokal Desa/tiyuh Gunung Katun Malai melalui telepon seluler dan Whatsaff. “Lebih kurang Rp.130.000.000,- juta rupiah untuk 20 unit WC”. ujar YJ melalui pesan Whatsaff.

Terkait pembangunan fisik DD tahap 2 yang belum dikerjakan oleh pemerintah tiyuh Gunung Katun Malai, YJ juga mengatakan, bahwa dirinya sudah pernah menyampaikan hal tersebut kepada PDL Kecamatan Tbu dan Camat Tbu dan Ketua BPT Tiyuh Gunung Katun Malai.

“Sudah saya sampaikan kepada Camat, PDL Kecamatan dan Ketua BPT tiyuh, sekarang tinggal apa tindakan mereka saya kan tidak bisa memberi sanksi karena ranah saya mendampingi dan memberitahu,” terangnya.

Sementara itu, Saat ingin mengkonfirmasi hal tersebut, pewarta FaktaNews mencoba mendatangi pejabat Tiyuh di balai tiyuh Gunung Katun Malai untuk mempertanyakanya, namun sayangnya, balai Tiyuh Gunung Katun Malai tidak ada orang satu pun dan masih tertutup rapih meskipun sudah jam 10.00 Wib siang.”Apakah balai tiyuhnya buka jam 12.00 Wib siang”. pertanyaan yang muncul dibenak pewarta FaktaNews.

Sedangkan, realisasi tahap 2 DD merupakan salah satu syarat untuk pencairan DD tahap 3. Namun bagi Tiyuh Gunung Katun Malai syarat tersebut tidak lah berlaku. Terbukti bahwa DD tahap 3 sudah dicairkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan sudah diterima oleh Tiyuh Gunung Katun Malay.

Dikutip dari laman https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5022963/sri-mulyani-pangkas-syarat-pencairan-dana-desa. Pencairan tahap 3, Dirjen Perimbangan Keuangan, Astera Primanto Bhakti menjelaskan, tetap memberlakukan syarat yang sebelumnya yaitu membuat laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran dana desa sampai tahap II penyerapan paling sedikit 90% dan rata-rata keluaran paling sedikit 75%.

Sampai berita ini diterbitkan, Kepalo Tiyuh Gunung Katun Malai belum dapat dikompirmasi, sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tubaba belum dikompirmasi terkait pencairan dana desa tahap 3 Tiyuh Gunung Katun Malai.(Surmadi)

Mediafaktanews
Baca Artikel Menarik di LV

About Redaksi

Check Also

Musrenbang Kecamatan TBU, Mengusung Tema “Peningkatan Kualitas SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemulihan Ekonomi Daerah”

TUBABA (FN)–Pemerintah Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU) Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA) menggelar Musyawarah Perencanaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.