Kamis , Januari 27 2022
Home / Berita Utama / SMA N 1 Kota Gajah Taja Pergelaran Tari dan Unjuk Karya

SMA N 1 Kota Gajah Taja Pergelaran Tari dan Unjuk Karya

KOTA GAJAH – SMA Negeri 1 Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah menaja Pergelaran Tari dan Unjuk Karya Siswa. Kegiatan yang mengusung tema: “Melestarikan Seni dan Budaya dalam Generasi Millenial” ini digelar di Aula SMA Negeri 1 Kota Gajah, Lampung Tengah, Sabtu (8/2) mendatang.

Kepala Sekolah SMA Negeri Kota Gajah Drs.Hi Dasiyo Priambodo, M.Pd mengatakan, kegiatan pergelaran tari dan unjuk karya ini merupakan salah satu media apresiasi dalam upaya memelihara dan melestarikan kesenian Lampung dalam hal ini seni tari, senirupa dan seni music tradisional Lampung.

“Sejalan dengan mata pelajaran Seni Budaya yang ada di sekolah ini, maka diadakanlah ujian praktek senitari. Sekaligus siswa ketrampilan di era millennial ini,” ujar Dasiyo Priambodo.

Selain itu, lanjut Priambodo, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan ketrampilan siswa. Melalui kegiatan ini para siswa bisa menggali nilai-nilai kearifan lokal yang ada dalam kesenian yang dipelajarinya.

“Diharapkan apresiasi dan kreativitas siswa makin meningkat sehingga glirannya nanti melahirkan siswa yang kreatif makin mencintai seni budaya leluhurnya,” beber Dasiyo.

Sementara itu, Penanggungjawab kegiatan Erna Budiwati, S.Pd, menambahkan, dalam kegiatan ini juga sanggar kesenian sekolah, melalui Sanggar Tari “Mulei Mengkhanai” menggelar Pergelaran Tari Kelas II Tahun Ajaran 2019/2020.

“Pergelaran ini merupakan ajang para siswa untuk menunjukkan kemampuannya dan juga arena untuk menyajikan karya tari sebelum tampilke ajang yang lebih luas dan kompetitif,” papar Erna Budiwati yang keseharian merupakan pengampu mata pelajaran kesenian.

Ketua Pelaksana kegiatan, Bulan Riestamara Putri, S.Sn, mengatakan, pergelaran tari dan unjuk karya seni rupa, musik tradisi Lampung ini siap digelar. Berbagai tahap persiapan sudah dilakukan.

“Saya harap kegiatan ini akan berjalan lancar. Kelas XII siap sebagai pennyaji pergelaran. Sedangkan kelas X dan kelas XI akan menjadi apresiator. Diharapkan dari pergelaran ini banyak dipetik manfaatnya bisa menambah nilai positif dan apresiasi masyarakat kepada SMA Negeri 1 Kota Gajah,” ujar guru kesenian lulusan ISI Yogyakarta ini. (Red/Christian Saputro)

Mediafaktanews
Baca Artikel Menarik di LV

About Redaksi

Check Also

Offended by Juarno’s Statement, 5 Descendants of Bandardewa’s Community Cut Down Rubber Trees Outside PT HIM’s HGU

TULANGBAWANG BARAT, (FN) – The Indigenous Peoples of 5 (five) descendants of Bandardewa, Tiyuh Bandardewa, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.